Pola hidup sehat dapat mempengaruhi keadaan tubuh kita, bagaimana cara kita menjaga kesehatan  merupakan yang nantinya yang akan kita dapatkan.  contohnya jika bermalas-malasan olahraga saat lansia bisa terjadi seperti pembungkukan ataupun sering sakit-sakitan dan sebagaimana, pola hidup yang sehat juga dapat menjaga kestabilan yang terjadi pada hormon .contohnya tidak stabilnya hormon wanita dapat menimbulkan seperti telat menstruasi, mudah cepat lelah dan sebagaimana .  Oleh karena itu kita perlu mengetahui fungsi hormon pada wanita seperti fungsi hormon luteinizing.

Apa itu LH ( luteinizing  hormone)

Hormon Luteinizing ( Luteinizing Hormone ) merupakan hormon yang terdapat pada wanita yang berperan  penting dalam proses (Ovulasi )  pelepasan sel telur yang sudah matang yang nantinya akan terjadi pembuahan pada tuba fallopi, selain itu hormon LH juga berfungsi sebagai pengatur masa pubertas atau datang bulan pada wanita. 

Dampak hormon LH ( luteinizing hormone ) 

Ada beberapa dampak yang terjadi jika nantinya kadar LH ( luteinizing hormone )  terlalu tinggi jika terdapat di wanita, berikut ini : 

  1. Menyebabkan permasalahan genetika, seperti sindrom turner, sindrom turner merupakan  kelainan yang terjadi pada wanita saat lahir akan mempunyai bentuk tubuh yang lebih pendek dibanding dengan anak-anak seusianya, dan bisa menyebabkan lamanya mendapatkan datang bulan. 
  2. Gangguan imunitas , gangguan imunitas merupakan penurunan sistem kekebalan tubuh yang memicu berbagai penyakit yang disebabkan oleh dari dalam tubuh, seperti kelelahan, demam , nyeri-nyeri otot dan sebagainya. 
  3. Tumor rahim, tumor rahim  atau sering disebut kanker rahim merupakan penyakit yang menyerang pada leher rahim, tumor rahim dapat diobati melalui terapi-terapi khusus, seperti pengobatan vaksin HPV dan kemoterapi. 
  4. Gangguan pada kelenjar tiroid, kelenjar tiroid dapat memproduksi zat-zat hormon yang ada di tubuh kita, jika nantinya terjadi gangguan pada kelenjar tiroid otomatis hormon yang diproduksi tidak seimbang, contohnya terlalu banyak . 
  5. Gangguan pada kelenjar, kelenjar adrenal dapat memproduksi hormon aldosteron juga mengontrol hormon metabolisme yang ada didalam tubuh . 

Hal perlu dilakukan ketika telat menstruasi 

Saat Usia remaja mengalami telat menstruasi merupakan hal yang mengkhawatirkan, pasalnya kita selalu overthinking apa nanti kita hamil ? Atau tidak padahal kita tidak pernah melakukan hubungan suami istri, tetapi jangan khawatir ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi mengapa remaja telat menstruasi seperti : 0

  1. Terlalu banyak pikiran atau stress 
  2. Terlalu kecapean 
  3. Kurang minum air putih 

Dari beberapa hal yang telah disebutkan diatas dapat memicu fungsi hormon luteinizing menjadi tidak seimbang sehingga remaja akan mengalami gangguan menstruasi telat, beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat mengalami telat menstruasi : 

  1. Sering- sering minum air putih 
  2. Konsumsi buah dan sayur 
  3. Menjaga pola tidur 
  4. Tidak terlalu kecapean 
  5. Cek dokter jika diperlukan 
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *