Pipa SCH 40 menggambarkan ketebalan dinding pipa, SCH merupakan Schedule yang disingkat. Dengan meningkatnya jumlah ketebalan, akan meningkat pula ketebalan pipa tersebut. Fungsi utama pipa adalah untuk membawa fluida (cairan, gas, padatan ter-fluidisasi, bubur, produk fase campuran, dll) di bawah tekanan (internal, eksternal atau keduanya), oleh karena itu untuk mempertahankan tekanan fluida pipa diperlukan pipa yang berkualitas. Jelas, untuk pipa yang berisi cairan bertekanan, ketebalan dinding, dan dengan implikasi kekuatan pipa, adalah parameter yang paling penting. Ketebalan dinding Pipa dinyatakan dengan “Schedule”, disebut sebagai pipa SCH. Saat ini sudah banyak yang jual pipa SCH 40.

Apa itu Pipa SCH?

Pipa SCH atau nomor SCH pipa adalah nomor tanpa dimensi yang terkait dengan Ketebalan Dinding Pipa. Nomor Pipa SCH untuk ukuran pipa tertentu adalah penentu ketebalan pipa untuk ukuran pipa tersebut

Bagaimana Cara Menghitung Jadwal Pipa?

Schedule angka untuk kombinasi ukuran pipa atau ketebalan dinding dihitung (diperkirakan) untuk mendapatkan hubungan yang sama dengan 1000 kali P / S (P = Tekanan Desain dan S = Allowable Stress) Hal yang terkandung dalam rumus Barlow dimodifikasi untuk ketebalan dinding pipa. Schedule pipa disingkat SCH. Pipa SCH 40 memiliki arti bahwa pipa tersebut memiliki ukuran pipa sebanyak 40. 

Jadwal Pipa vs Ukuran Pipa

Untuk semua ukuran pipa, diameter luar adalah konstan. Oleh karena itu setiap variasi yaitu ketebalan dinding hanya mempengaruhi diameter bagian dalam. Dengan meningkatnya jumlah SCH, ketebalan dinding meningkat. Ketebalan dinding yang terkait dengan SCH tertentu tergantung pada ukuran pipa.

Dimensi (OD, ID, Ketebalan, dan Nomor SCH) dan Bobot pipa CS dan SS diberikan dalam standar ASME yang disebutkan di atas. Tabel dalam kode masing-masing secara dimensi lengkap untuk semua ukuran dan ketebalan dinding dalam ruang lingkupnya, tetapi beberapa bagian dinding yang lebih besar dan lebih berat berada di luar kemampuan produksi pabrik harus diperoleh dari billet palsu atau tempa atau sumber lain. Pipa stainless steel lebih sering tersedia dalam ukuran berat standar (dicatat dengan sebutan “S”, misalnya, “NPS SCH 10S”). Pipa SCH 40 memiliki banyak manfaat dan mudah didapatkan, tentunya penjual pipa SCH 40 paham betul soal ini.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *