Menggunakan besi hollow untuk membangun hunian rumah anda, bisa menjadi opsi alternatif yang tepat. Selain memiliki kualitas kekuatan yang tak kalah dengan dengan jenis besi ringan, material yang satu ini juga memiliki ukuran yang bervariasi  dengan harga jual besi hollow yang berbeda juga. Jika anda ingin menggunakan besi hollow sebagai bahan konstruksi rumah atau gedung, pastikan anda memilih jenis besi yang tepat. Karena besi hollow sendiri memiliki banyak sekali jenis, dengan fungsi yang berbeda pula. Dibawah ini terdapat berbagai jenis besi hollow yang perlu anda tahu, diantaranya

  1. Besi hollow galvanis

Jenis hollow yang pertama adalah jenis besi hollow galvanis. Besi hollow ini merupakan besi hollow dengan wujud  berbentuk kotak dan terbuat dari proses galvanisasi. Galvanisasi sendiri merupakan proses pemberian lapisan seng yang berfungsi sebagai lapisan anti karat pada besi. Proses galvanisasi dapat dilakukan dengan mencelupkan pipa besi ke dalam cairan timah supaya lapisan seng menempel pada besi. Lapisan seng ini akan melindungi besi dari polutan penyebab karat.

Besi hollow galvanis memiliki lapisan finishing dengan komposisi coating zinc (besi) sebanyak 97%, coating aluminium 1%, dan beberapa bahan lainnya. Karena memiliki sifat yang korosif, sehingga dalam penggunaannya besi hollow ini membutuhkan lapisan anti karat dan juga jenis cat yang memiliki kualitas tinggi dengan tujuan agar besi tahan lama terhadap kondisi cuaca. Besi hollow galvanis memiliki ukuran tebal sekitar 0,3 cm hingga 0.5, dan memiliki tampilan yang sangat rapi.

  1. Besi hollow galvalum 

Selanjutnya ada jenis besi hollow galvalum. Besi hollow jenis ini merupakan jenis hollow paling baik dengan kandungan coating aluminium yang tinggi, yaitu sebanyak  55% dengan 45% coating zinc (besi). Kandungan aluminiumnya  yang lebih tinggi dari besi hollow jenis galvanisasi membuat besi hollow galvanum lebih tahan akan karat. Meski tahan terhadap korosi, hollow galvanum tidak tahan terhadap semen. Sebisa ketika anda memilih besi ini untuk menghindari kemungkinan bersentuhan dengan semen agar lebih awet.

Jenis hollow galvanum ini merupakan hasil rancangan teknologi canggih yang mana menggunakan sebuah mesin otomatis dan terbaru. Sistem perhitungannya akurat untuk menambah kekuatan yang maksimal dalam pemasangan rangka plafon dan partisi.

  1. Besi hollow gypsum.

Jenis besi hollow satu ini merupakan bahan material yang paling banyak diminati oleh para konsumen. Besi hollow gypsum sendiri memiliki sifat yang sangat  kokoh dan dapat bertahan lama. Besi hollow gypsum termasuk jenis besi hollow yang begitu banyak digunakan dalam pembuatan rangka plafon baik pada pembangunan rumah ataupun gedung. Penggunaan hollow gypsum untuk rangka plafon karena hollow gypsum memiliki berat yang cukup ringan, kokoh, serta memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan material kayu. Tentunya hollow ini lebih aman karena tidak akan terserang oleh rayap

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *