Percetakan offset adalah salah satu jenis percetakan yang sangat populer digunakan di masa lalu, akan tetapi sejak adanya Printing digital, penggunaan dari sistem percetakan offset ini menjadi dianggap menjadi tidak menguntungkan. Akan tetapi, apakah benar hal ini benar? Mari kita cek dari beberapa fakta berikut ini.

Apakah sistem digital printing lebih baik dari offset printing?

Jika kita bertanya mengenai kata lebih baik, maka perlu diperhatikan kembali apa yang membuat anda merasa salah satu sistem atau teknologi disebut lebih baik. Tidak ada teknologi yang lebih baik dari teknologi lainnya. Baik itu teknologi yang sudah lawas atau sudah baru seperti sistem offset printing dan juga digital printing. Yang ada hanya dari sisi mana anda melihatnya.

Ketika dilihat dari kualitas dari hasil printer, sistem offset printing memiliki prosedur yang lebih konsisten dan memiliki kelebihan dari segi prosedurnya yang dilakukan oleh orang yang lebih berpengalaman. Akan tetapi jika dilihat kembali, saat ini teknologi menjadi lebih mapan dan sistem percetakan digital juga bisa membuat hasil pencetakan yang lebih konsisten.

Apakah sulit menggunakan sistem offset printing untuk mencetak file dari komputer?

Ada dasarnya, komputer adalah salah satu hal yang digunakan dan penting dalam proses offset printing. Pada offset printing, komputer digunakan untuk membantu dalam pembuatan plate untuk melakukan printing. Hal ini membuat pembuatan plate pada offset printing menjadi lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang panjang. Lalu apakah menggunakan offset printing lebih sulit untuk digunakan? Jika anda menggunakan percetakan offset yang sudah handal, maka menggunakan offset printing bukan hal yang sulit. Hanya saja jika dibandingkan dengan sistem percetakan digital, teknik offset printing memang memakan waktu pencetakan yang umumnya lebih lama.

Apa itu CMYK dalam offset printing? Apakah lebih baik dari RGB?

Pertama mari kita lihat kepanjangan dari CMYK dan juga RGB. CMYK adalah singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow dan juga Key color yaitu warna hitam sedangkan RGB merupakan singkatan dari Red, Green dan Blue. Keduanya adalah model warna yang dapat digunakan untuk membuat warna baru dengan cara dikombinasikan sesuai dengan kadarnya.

RGB memang merupakan salah satu paduan warna dasar yang banyak digunakan dalam pembuatan warna pada perangkat yang modern terutama perangkat elektronik. Sedangkan untuk CMYK adalah salah satu sistem warna yang digunakan dalam proses printing. Baik itu proses Printing untuk digital maupun proses offset printing. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan tinta pada printer digital berupa warna Biru, Kuning, Magenta dan juga Hitam.

Sesungguhnya, CMYK dan juga RGB memiliki sistem dan cara kerja yang berbeda. Hal inilah yang membuat sesungguhnya CMYK dan RGB bukan hal yang bisa dibandingkan. Oleh karena itu, jika dilihat dari penggunaan warnanya, anda sistem warna pada percetakan offset tidak sesulit yang anda bayangkan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *