cetak kalender dengan desain beragam kini menjadi salah satu media promosi terfavorit banyak perusahaan. Mungkin Anda pernah mengunjungi sebuah warung makan yang ramai pengunjung dengan banyak kalender di dindingnya. Tempat-tempat ramai pengunjung seperti warung makan merupakan incaran para sales marketing untuk menitipkan kalender perusahaannya. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak yang melihat kalender tersebut maka akan semakin banyak pula orang yang mengenal perusahaan ataupun produk Anda. Berikut ini beberapa tips mendesain kalender dengan menggunakan jasa percetakan kalender agar upaya promosi yang dilakukan tereksekusi dengan maksimal:

  • Memasukkan elemen branding perusahaan

Brand yang melekat jelas diingatan konsumen akan membantu konsumen lebih mudah memutuskan untuk menggunakan produk dari brand tersebut saat membutuhkannya. Beberapa elemen brand seperti logo, nama perusahaan membantu konsumen mengenal dan mengingat brand. Masukkan elemen-elemen tersebut dalam desain kalender yang dibuat. Informasi penting berupa alamat perusahaan dan kontak juga harus disertakan di dalam kalender. Letakkan informasi tersebut pada posisi yang mudah terlihat. 

  • Menonjolkan warna brand

Selain elemen, warna juga bisa menjadi pengingat yang ampuh untuk brand Anda. Jika perusahaan menggunakan warna biru sebagai bagian dari identitas, maka tonjolkanlah warna tersebut dalam desain kalender. Jika ingin memadukan warna secara sekaligus, pertimbangkanlah keserasian warna serta efek emosi yang dihasilkan dari kombinasi tersebut. Pada intinya, tonjolkanlah warna brand untuk memicu ingatan konsumen pada brand ketika melihatnya.

  • Menyesuaikan kalender dengan karakter segmen pasar

Setiap produk tentu memiliki segmentasi pasar yang berbeda. Memberikan kalender dengan desain monoton untuk diberikan pada segmentasi yang didominasi oleh kalangan remaja tentu terlihat kurang pas. Sebelum menentukan desain kalender, ada baiknya Anda mengenali karakter konsumen yang menjadi target pasar terlebih dahulu. 

Jika konsumen didominasi oleh kaum milenial, buatlah desain yang kekinian untuk dapat menarik perhatian mereka. Anak-anak milenial lebih menyukai desain yang minimalis dengan warna-warna solid cenderung lemah. Gunakan kombinasi warna yang tidak terlihat norak, tipe font Roboto, Rockwell, Lato serta ilustrasi desain yang bersifat personal. 

  • Mengedepankan fungsi kalender

Ada banyak jenis dan bentuk kalender yang dapat dipilih di percetakan. Mulai dari kalender poster, kalender 13 halaman, kalender 6 halaman, kalender 3 halaman hingga kalender duduk dan kalender meja. Apapun bentuk kalender yang Anda pilih, pastikan tetap mengedepankan fungsi penggunaan kalender secara optimal. Artinya tidak hanya berfokus untuk menampilkan desain menarik, akan tetapi Anda perlu memastikan jika kalender memuat informasi secara lengkap. Keterangan hari libur tertentu, tanggal merah serta keterangan penanggalan lainnya harus disertakan di dalam kalender. 

Desain yang tepat akan mengantarkan Anda pada eksekusi promosi yang optimal dan efektif. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti tips-tips di atas dalam membuat desain kalender dan diskusikan hal ini kepada jasa percetakan kalender yang akan anda percayakan. 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *