Dalam proses pembangunan suatu bangunan baik itu bangunan rumah tinggal seperti rumah bertingkat atau apartemen, maupun proses pembangunan suatu gedung perkantoran atau rumah sakit atau pusat perbelanjaan dan lain sebagainya maka mutlak akan diperlukan adanya besi beton sebagai kerangka dasar konstruksi bangunannya. Sebelum Anda mencari tempat jual besi beton polos, berikut ini adalah aneka jenis besi beton tersebut.

Besi Beton Polos atau Plain Bar

Besi beton polos Bentuknya bundar memanjang tanpa adanya tambahan variasi apa-apa. Kekuatan daya tekan minimalnya adalah 240 Mpa. Besi beton polos ini lebih mudah dibentuk. Kegunaan atau fungsinya adalah untuk membungkus besi beton ulir yang digunakan untuk menambah kekuatan tulangan suatu konstruksi bangunan. Harga besi beton polos lebih murah daripada harga besi beton ulir.

Besi Beton Ulir atau Deformed Bar

Besi beton ulir atau sering disebut sebagai deformed bar ialah besi tulangan yang mempunyai bentuk fisik bersirip melintang dengan permukaan yang bercorak spiral.

Kekuatan daya tekan minimalnya adalah 400 Mpa. Besi beton ulir ini agak sulit untuk dibengkokkan. Kegunaan atau fungsinya adalah sebagai tiang pancang utama tulangan suatu konstruksi bangunan. Harga besi beton ulir lebih mahal jika dibandingkan dengan harga besi beton polos.

Besi Beton Banci

Penamaan besi beton banci ini untuk menyebut besi beton yang tidak memenuhi standar SNI dan kekuatannya jauh lebih lemah, sehingga bahaya jika digunakan sebagai tulangan suatu konstruksi bangunan.

Itulah aneka jenis besi beton yang sering dipergunakan dalam proses pembangunan.

Batas Toleransi Besi Beton

Dalam produksi besi beton, maka dikenal adanya istilah batas toleransi. Besi beton banci sama sekali di luar batas toleransi tersebut. Batas toleransi merupakan batas perbedaan ataupun batas selisih ukuran dari marking yang ditetapkan yang masih bisa diterima. Jadi seperti misalnya adalah suatu besi beton dengan ukuran 8 mm maka akan memiliki batas toleransi sekitar 0,1 mm, yang artinya ialah diameter sebenarnya mungkin berukuran 0,1 mm lebih kecil dari 8 mm atau mungkin berukuran 7,9 mm. Sedangkan panjangnya yang standar dari besi beton ialah 12 meter.

Informasi tentang jual besi beton polos, bisa didapatkan secara online melalui internet, atau secara offline melalui berbagai iklan di surat kabar. Gunakan besi beton yang sudah bersertifikat SNI, jangan memilih besi beton banci yang kekuatannya di bawah standar atau besi beton berkarat, karena meski lebih murah namun akan membuat bangunan cepat roboh karena tulangan konstruksinya keropos atau mudah bengkok akibat kekuatannya yang kurang. Hal ini sangat berbahaya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *